YANG TERASING


Senin, 14 Juli 2014, wedaran terakhir Bunga di Batu Karang.

Sudah kami siapkan karya Ki SH Mintardja yang lain, yaitu YANG TERASING.

YT-01

RINGKASAN CERITA

Cerita ini berlatar belakang sejarah Kerajaan Demak.

Diceritakan, ada seorang pemuda bernama Pikatan yang memiliki cita-cita untuk mensejahterakan masyarakat desanya yang sebagian lahannya kering pada musim kemarau dengan membuat bendungan sungai yang melintas desanya. Langkah pertama dia ingin menjadi seorang prajurit di Kerajaan Demak. Oleh karena itu, dia meninggalkan desanya menuju Demak. Dalam perjalanan dia bertemu dengan Kiai Pucang Tunggal dan berguru padanya.

Kiai Pucang Tunggal memiliki seorang anak bernama Puranti. Setelah dirasa cukup mendapatkan ilmu, Pikatan mencalonkan diri menjadi prajurit di Demak. Dalam pendadarannya ia dan lima belas orang temannya ditugaskan membasmi kelompok penjahat yang bersarang di Goa Pabelan yang dipimpin oleh sepasang Hantu Bertangan Api.
Akibat ketidak-telitian telik sandi, ternyata gerombolan penjahat cukup kuat, sehingga para prajurit mengalami kesulitan, termasuk Pikatan yang terluka pundaknya dan harus mendapat pertolongan dari Puranti yang mengikuti jejak para calon prajurit itu.

Tetapi, oleh lukanya yang ternyata menyebabkan tangan kanannya lumpuh dan tidak bisa lagi menjadi prajurit, dan keangkuhannya yang tinggi karena mendapat bantuan oleh seorang perempuan, yang sebelumnya dikira tidak memiliki ilmu yang tinggi sehingga dia merasa telah melindunginya selama dia berada di perguruannya, Pikatan merasa tidak berguna dan putus asa sehingga dia pulang ke desanya.

Di desanya, dia  mengunci diri dari pergaulan. Wiyatsih, adiknya yang melihat kakaknya mengurung dirinya di biliknya, dan selalu marah mencoba membangkitkan semangatnya agar meneruskan cita-citanya membangun bendungan.

Puranti, yang sebenarnya mencintai Pikatan, berusaha membangkitkan semangat Pikatan dengan mengajari Wiyatsih olah kanuragan.

Karena dendamnya akibat saudaranya terbunuh, Hantu Bertangan Api mencari Pikatan di Desa.

Bagaimana kisah selanjutnya, apakah bendungan yang dicita-citakan terwujud? apakah Pikatan yang mengurung diri dan menjadi terasing dapat mengatasi keputus-asannya? apakah dendam Hantu Bertangan Api terbalaskan? apakah Puranti yang mengejar cintanya sampai di Desa Sambi Sari terwujud, dan masih banyak pertanyaan lainnya, ikuti cerita selengkapnya di YANG TERASING.

 

Lereng Gunung Kawi, 17 Juli 2014

 

Pintu masuk ke gandok Yang Terasing-01  Yang Terasing-02  Yang Terasing-03  Yang Terasing-04  Yang Terasing-05 Yang Terasing-06 Yang Terasing-07  Yang Terasing-08  Yang Terasing-09  Yang Terasing-10  Yang Terasing-11  Yang Terasing-12  Yang Terasing-13

Satu Tanggapan

  1. betapapun terpuruknya diri seseorang, adakalanya dia harus bangkit, entah karena keadaan dan situasi yang mengharuskan bertindak melampaui keterbatasan atau karena alasan lain. pelajaran itulah yg saya peroleh dari kisah ‘Yang Terasing’.

    syukurlah jika ada yang bisa dipetik dari cerita ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s