ARYA MANGGADA


ARYA MANGGADA

Salah satu serial Karya SH Mintardja adalah Serial Arya Manggada. Hanya saja, serial ini berisi episode-episode dengan jilid yang sedikit, sebagaimana Pelangi di Langit Singosari.

Sreial ini berlatar belakang sejarah pada jaman Kerajaan Pajang, kisah dua orang anak muda Manggada dan Laksana yang telah menyelesaikan pelajaran olah kanuragan oleh Ki Citrabawa (ayah Laksana, paman Manggada).

Setelah dirasa menguasai seluruh ilmu yang diajarkan Ki Citrabawa, mereka berdua diminta untuk menambah wawasannya dengan mengenal dunia yang lebih luas.

Ada lima episode yang dituliskan oleh Ki SH Mintardja.

1. Epidose Menjenguk Cakrawala (6 jilid).

Bercerita tentang perjalanan awal Manggada dan Laksana menuju AMMC-02 ke kampung halamanan Manggada. Di tengah perjalanan, tertarik untuk ikut menangani penculikan gadis yang akan dikorbankan oleh aliran sesat untuk meningkatkan kesaktian senjatanya.

Perjalanan dengan Ki Wiradadi ke balik Hutan Jatimalang, dimana pusat aktivitas padepokan aliran sesat yang dipimpin oleh Ki Lebdagati. Bertemu dengan Ki Ajar Pangukan dan Ki Pandi dengan dua ekor harimau peliharaannya. Bersama prajurit pajang, akhirnya bisa menumpas aliran sesat tersebut, meskipun Ki Lebdagati berharis melarikan diri.

Bagaimana kisah selengkapnya, ikuti Episode Menjenguk Cakrawala ini.

2. Epidose Mas Rara (4 jilid).

AMMR-01Setelah mohon diri dari “Padepokan Ki Ajar Pangukan” Manggada dan Laksana menuruskan perjalanan ke kampung halaman Manggada. Di tengah perjalanan, mereka berdua berhadapan dengan “penculikan” gadis di sebuah desa.

Mereka pada awalnya mengira bahwa gadis yang diculik tersebut merupakan salah satu korban dari pengikut aliran sesat yang dipimpin oleh Ki Lebdagati. Oleh karena itu dia mereka tertarik untuk ikut menyelidiki.

Ternyata, gadis tersebut melarikan diri dengan laki-laki yang dicintainya, karena gadis tersebut akan dikawinkan dengan lelaki lain yang tidk dicintainya.

Bagaimana kisah selanjutnya, ikuti Episode MAS RARA ini

3. Episode Sang Penerus (7 jilid).

AMSP-01Perjalanan selanjutnya adalah, kisah dua anak muda tersebut yang dimulai ketika dia bermalam di sebuah banjar desa. Mereka diminta untuk tidur di rumah kakek penunggu banjar desa tersebut. Sepintas mereka pusaka dan songsong yang ada di sentong di rumah kakek tersebut yang bernama Ki Gumrah.

Ternyata kakek tersebut sedang menghadapi masalah karena pusaka-pusaka tersebut menjadi incaran sekelompok orang yang ternyata dipimpin oleh Ki Lebdagati seorang pemimpin aliran sesat yang telah diceriterakan di episode pertama.

Bagaimana kisah selengkapnya, ikuti Episode Sang Penerus ini

4. Episode Sejuknya Kampung Halaman (6 jilid).

AMSKH-01Episode selanjutnya adalah akhir perjalanan menuju ke kampung halamana Manggada. Pada saat memasuki kampung halaman mereka berdua merasa ada yang aneh dengan masarakat desa yang ditemui sepanjang perjalanan pulang.

Ternyata, ada sekelompok penjahat/perampok yang dua diantaranya adalah berasal dari padukuhan tersebut. Suro Gentong dan Wiro Sabet yang melarikan diri dari desa tersebut karena suatu masalah dan mendendam Jagabaya padukuhan tersebut.

Bagaimana kisahnya, ikuti Episode Sejuknya Kampung Halaman ini.

5. Episode Matahari Senja (7 jilid).

AMMS-01Episode terakhir adalah perjalanan Manggada dan Laksana yang mengantarkan ayah Laksana yang ikut dalam permasalahan di episode sebelumnya, disertai oleh Ki Pandi yang juga terlibat dalam permasalahan tersebut.

Dalam perjalanan, bertemu dengan para tokoh tua (Ki Lemah Teles) yang ingin menunjukkan eksistensinya dengan menantang tokoh yang lain yang dianggap bermasalah dengan dirinya (Ki Sambi Pitu). Setelah berhasil mendamaikan, mereka berlanjut ke balik Hutan Jati Malang mengunjungi Padepokan Ki Ajar Pangukan.

Ternyata ada aliran sesat baru yang dipimpin oleh Ki Banyu Bening yang memberikan korban beruoa hewan yang dibakar di atar altar. Ki Lemah Teles dan Ki Sambi Pitu yang menyusul ke padepokan tersebut ikut memberantas aliran sesat tersebut.

Bagaimana kisah selengkapya ikuti Episode Matahari Senja ini.

Ikuti kisah selengkapnya, yang rencananya akan mulai diupload tanggal 17 Agustus 2014.

 

Lereng Gunung Kawi, Agustus 2014

4 Tanggapan

  1. Bersamaan dengan peringatan Proklamasi Republik Indonesia, akan mulai diupload Serial Arya Manggada.
    Silahkan tunggu tanggal mainnya.

  2. Maturnuwun sanget mas P. Satpam.

  3. Arya manggada episode 5 gak bisa di buka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s